Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Senin, 02 Februari 2015

Jangan Ragu Untuk Naik Gunung. Terkadang dan sering terjadi, muncul keraguan atau kekhawatiran tentang susahnya medan dan pandangan tentang gunung yang meyeramkan sering meruntuhkan semangat mendaki bagi pendaki pemula yang akan memulai sebuah pendakian. Jadi apa yang harus dilakukan oleh pemula agar tak lagi ragu naik gunung?
Because it’s there!”, ucap seorang pendaki legendaris George F. Mallory  ketika ditanya alasan kenapa ia naik gunung. Gunung yang menjulang dengan gagahnya memang menantang untuk didaki. Berdiri di atas puncak tertinggi dan melihat lautan awan yang diselimuti birunya angkasa setelah mendaki jalur naik turun tentu akan menjadi pencapaian yang memuaskan.

Anggapan yang muncul tentang gunung yang menyeramkan dan berbahaya kadang menggetarkan niat para pemula untuk mendaki gunung. Ketakutan dasar bagi pemula yang belum pernah melakukan hiking adalah masuk ke dalam kegelapan dan kerimbunan hutan.

Di samping itu, ketakutan akan binatang buas, nyasar, lelah, dingin, susah ke toilet, alasan mistis, takut ketinggian dan berita kecelakaan di gunung adalah hal - hal yang menyelimuti benak pemula ketika mencoba untuk hiking mendaki gunung.


Wajar, tetapi coba kita akan menekankan bahwa hiking atau naik gunung tidak sebegitu menyeramkan dan berbahaya seperti yang dibayangkan.

Pertama, persiapan matang dapat mengantisipasi segala kerisauan saat pertama hiking . Hal pertama yang dapat dilakukan bagi pemula adalah dengan banyak mengumpulkan informasi yang terkait dengan keadaan medan pendakian dan peralatan yang dibutuhkan. Kedua, usahakan selalu berada bersama pendaki lain yang lebih berpengalaman.

Ketiga, bagi yang belum pernah sama sekali hiking, usahakan menggunakan jasa profesional agar lebih aman dan teratur dalam pendakian. Yang terkahir adalah menetapkan niat mendaki! Ketika di lapangan, kita tidak hanya menghadapi masalah perlengkapan dan kondisi perjalanan saja. Cara kita menyikapi kesulitan saat pendakian juga penting untuk diperhatikan.


Di saat semua kekhawatiran tersebut teratasi dengan persiapan yang baik, dijamin kita akan mendapatkan pengalaman - pengalaman terbaik ketika melakukan pendakian. Banyak kesan yang akan kita dapatkan dalam kegiatan mendaki gunung. Tak hanya soal dokumentasi keindahan alam karya Ilahi, tetapi juga proses pendakian merupakan pembelajaran nilai - nilai kehidupan untuk mengatasi setiap kesulitan.

Keraguan atau kekhawatiran naik gunung pasti muncul bagi para pemula. Namun dengankonsistensi niat yang kuat dan persiapan yang matang, Anda pasti bisa melewati segala keraguan dan ketakutan tersebut. Sudah tidak ragu mendaki gunung? Atau sudah tidak sabar mau hiking? Kemasi ransel Anda dan jelajahi indahnya gunung - gunung di Indonesia!

Semoga Bermanfaat Yaa
Source : www.belantaraindonesia.org

Tidak ada komentar:

 

Daftar Blog Saya

Entri Populer

Daftar Blog Saya

About