Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Rabu, 04 Februari 2015

Cara Atau Tips Mendaki Gunung Agung

Gunung Agung di Bali adalah gunung yang indah secara alam dan lingkungan, karena terletak di daerah wisata terkenal di dunia. Gunung Agung juga bukan termasuk gunung tinggi di Indonesia, ketinggiannya 3142 mdpl. Ada beberapa jalur pendakian sebenarnya, tetapi waktu itu kami lewat jalur Besakih yang ramai di kaki gunungnya oleh para pedagang aneka macam. Berikut bukan tentang pendakian menuju kesana, tetapi tips jika sahabat semua berniat menuju Gunung Agung .

Sesampai di sana cobalah cari informasi pada penduduk setempat, apakah ada acara keagamaan, karena jika pas ada acara tadi, kita akan tak bisa menuju puncak Agung atau melakukan pendakian. Karena lagi, tak boleh ada orang yang posisinya lebih tinggi dari orang yang tengah bersembahyang. Jadi kalau anda berpostur tinggi, merunduklah...candaaa....Sekedar info bahwa upacara keagamaan di Besakih adalah sangat sakral, dan tak cuma di Besakih, tetapi juga hampir seluruh Bali.

Dan bagi yang belum pernah ke Agung, bisa sewa jasa guide untuk pendakian, tetapi harus benar - benar hati - hati, karena guide juga manusia yang akan memainkan harga yang tak semestinya. Pintarlah menawar atau tak memakai jasa guide juga tak apa - apa, karena jalur menuju puncak Agung relatif mudah walau tanjakannya hebat....sedih dan gembira!.. Susah menemukan bonus...Atau bisa juga saat sampai di Besakih, karena pasti akan di "keroyok" para guide, bilanglah ini pendakian ke Agung yang kesekian kalinya, jadi enak meolak guide yang mahal, karena jika membutuhkan guide bisa di temui di desa terakhir pendakian di sebelah Pura Besakih, dekat Polsek tempat kita mendaftar untuk pendakian. Selain tak perlu main tawar, juga murah dan ramah, seperti aku,halah...

Bila perlu tinggalkan tas Carrier di base camp karena akan memperberat langkah yang penuh tanjakan di Agung, Bawalah Day Pack yang multi fungsi agar lebih ringan, yang tentunya bahan makanan dan minuman tak boleh ketinggalan. Sekedar tahu saja jalur menuju Puncak suci Gunung Agung sangat menanjak dan perlu juga merayap berpegang pada akar pohon, jadi jika membawa tas ransel bisa di bayangkan maha beratnya.

Tidak ada komentar:

 

Daftar Blog Saya

Entri Populer

Daftar Blog Saya

About